WARTA TRIMURTI

KUNJUNGAN KORKOT PNPM-MP KABUPATEN KLATEN KE LKM ARTA MURTI
Pada hari senin tanggal 3 Mei 2010 secara mendadak LKM Arta Murti menerima kunjungan dari tim Korkot Kabupaten Klaten terdiri dari 15 orang. Dalam kunjungannya mereka ingin ngansu kaweruh pelaksanaan PNPM-MP di LKM Arta Murti Desa Trimurti. Setelah melihat LKM Arta Murti dan kunjungan ke KSM binaan LKM Arta Murti direncanakan akan ditindaklanjuti dengan mengadakan kunjungan lanjutan dari LKM-LKM Kabupaten Klaten dan rencana kemitaan dalam pelatihan pembuatan bakpia dan kerajinan.

KUNJUNGAN BANK DUNIA KE LKM ARTA MURTI DALAM RANGKA PROGRAM CHANNELING
Pada hari Senin tanggal 20 April 2010 LKM Arta Murti dikunjungi oleh petugas Bank Dunia dari Jakarta. Dalam kunjungannya menyampaikan banyak hal terkait dengan pelaksanaan PNPM-MP di Desa Trimurti khususnya yang berkaitan dengan UPK LKM. Bila dalam pengelolaan UPK LKM Arta Murti baik maka akan diberikan peluang chanelling dengan lembaga lain. Bila penilaian dari Bank Dunia ini menghasilkan nilai baik dan tingkat kepercayaan tinggi terhadap LKM Arta Murti maka nanti akan dilanjutkan kemitraan dengan SWAMITRA BUKOPIN

SOSIALISASI PROGRAM RPP ( Rencana Penataan Permukiman ) DESA TRIMURTI TAHUN 2010
Pemerintah Desa Trimurti pada Hari Selasa 6 April 2010 melakukan sosialisasi program RPP tahun 2010 yang dihadiri oleh kurang lebih 68 peserta dari berbagai unsur antara lain dari pamong, dukuh, tokoh masyarakat dan dari lembaga-lembaga desa Trimurti serta dari LKM Arta Murti. Dalam sosialisasi disampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini nantinya akan melibatkan masyarakat banyak dan pada setiap pedukuhan akan di jaring 10 relawan untuk pelaksanaan kegiatan ini. Dan pada tingkat desa akan dibentuk TIP ( Tim Inti Perencana ) yang anggotanya 15 orang relawan diambilkan dari masing-masing Pedukuhan. Selanjutnya sosialisasi akan di adakan pula di masing-masing pedukuhan sambil menjaring 10 relawan tingkat pedukuhan. Sebagai out put program ini adalah Rencana Program Jangka Menengah Desa Trimurti.

PENCAIRAN DANA BLM TERMIN I TAHUN ANGGARAN 2009
Pada hari Kamis Tanggal 11 Maret 2010, LKM Arta Murti melalui unit masing-masing telah mencairkan dana BLM PNPM-MP Tahun Anggaran 2009 termin 1. Dana tersebut untuk kegiatan pembuatan cor blok jalan pedukuhan, pelatihan pembuatan pupuk organik, penyuluhan narkoba & kenakalan remaja serta untuk dana bergulir.

PELATIHAN UTAMA RELAWAN DAN ANGGOTA LKM ARTA MURTI
Dalam rangka menghadapi PNPM-MP TA 2009, LKM Arta Murti pada Hari Senin 1 Maret 2010 melaksana pelatihan madya bagi relawan dan anggota LKM. Bapak Danuri selaku Lurah Desa Trimurti dalam sambutannya di pembukaan pelatihan menyampaikan bahwa semakin banyak relawan yang peduli terhadap orang miskin di Desa Trimurti maka diharapkan proses pengentasan kemiskinan melalui PNPM-MP segera terwujud minimal dapat mengurangi jumlah KK miskin di Trimurti.
Bapak Lukita, BSc selaku Koordinator LKM juga menyampaikan dan menghimbau kepada peserta untuk mengikuti pelatihan dengan penuh semangat. Dengan bekal pelatihan ini diharapkan meningkatkan peran serta / partisipasi dalam pelaksanaan program PNPM-MP di Desa Trimurti. Pelatihan Madya ini dilaksanankan di Balai Desa Trimurti dan diikuti oleh 13 anggota LKM dan 27 relawan dan dilaksanakan selama 4 hari.

KUNJUNGAN / STUDI BANDING DARI FORUM LKM KABUPATEN SLEMAN
Pada hari Kamis Jam 13.00 Tanggal 18 Februari 2010, LKM Arta Murti menerima kunjungan studi banding dari 6 LKM dari Kabupaten Sleman. Ke 6 LKM tersebut adalah LKM Arum Sembodo, LKM Agung Mandiri, LKM Timbul Daya Mulya, LKMSari Mandiri, LKM Sendang Rejo, ( Kecamatan Minggir ) dan LKM Rejo Lestari, LKM Sido Mulyo ( Kecamatan Godean ). Tujuan dari kegiatan tersebut seperti yang disampaikan oleh Koordinator Forum LKM Kabupaten Sleman Bapak Agus Gondo.S yaitu ingin belajar atau ngangsu kawruh ke LKM Arta Murti Desa TRimurti . Apa yang selama ini sudah dicapai LKM Arta Murti akan diterapkan atau dipraktekkan ke LKM kami supaya nantinya LKM kami dapat seperti LKM Arta Murti. Dalam kunjungan ke LKM Arta Murti, banyak pertanyaan dari peserta terutama pertanyaan mengenai mengapa kok bisa LKM Arta Murti dapat bertahan sampai sekarang dan dapat melakukan kemitraan dengan lembaga-lembaga lainnya.
Setelah proses dialog atau Tanya jawab selesai kemudian mereka kami ajak ke lapangan untuk melihat KSM-KSM binaan LKM Arta Murti. KSM yang kami kunjungi adalah KSM Kuncup ( Ekonomi Produktif ). Malah dalam kunjungannya ke KSM ini para peserta membeli oleh-oleh produk dari KSM Kuncup.

RWT LKM ARTA MURTI X
LKM ARTA MURTI pada hari Minggu Tanggal 24 Januari 2010 telah mengadakan RWT yang ke 10. Pada acara tersebut dihadiri kurang lebih 144 peserta dari unsur anggota perwakilan LKM, relawan, utusan warga, tokoh masyarakat dan tamu undangan. Dalam sambutannya Satker PNPM-MP menyatakan bahwa LKM kedepan akan diserahkan ke pemerintah daerah masing-masing maka diharapkan LKM Arta Murti harus siap menghadapi keadaan tersebut karena nantinya LKM tidak lagi mendapat dana dari pemerintah pusat. Untuk itu disarankan LKM Arta Murti harus pro aktif mencari sumber dana dengan model channeling. Ke depan Pemda akan memfasilitasi terbentuknya channeling antara LKM dengan lembaga-lembaga lainnya dalam menjalankan sebuah program untuk mengatasi masalah kemiskinan.

PENJAJAGAN CHANNELING DENGAN YAYASAN GRIYA MANDIRI
Pada hari kamis jam 10.00 – 12.00 WIB tanggal 28 Januari 2010 LKM Arta Murti melakukan audensi dengan Yayasan Griya Mandiri di kantor LKM. Kegiatan ini dilakukan untuk menjajaki kemungkinan dilakukan chaneling dengan lembaga tersebut. Dalam audensi, Yayasan Griya Mandiri menawarkan channeling dengan LKM Arta Murti dengan program Co-BILD. Program yang dimitrakan pada intinya adalah memberikan pinjaman bergulir kepada KSM yang ada diwilayah Desa Trimurti ( Daerah kerja LKM ) dengan sasaran untuk warga yang berpenghasilan rendah. Peran LKM Arta Murti disini sebagai fasilitaor dan penjamin pinjaman tersebut dan ikut sebagai salah satu yang merekomendasikan besarnya pinjaman kepada KSM. Dari Yayasan Griya Mandiri berharap program yang ditawarkan dapat dimitrakan dengan LKM dan bila kemitraan ini berhasil baik tidak menutup kemungkinan program yang lainnya dapat masuk ke LKM Arta Murti untuk kepentingan masyarakat Trimurti.

LOKAKARYA PJM PRONANGKIS TAHUN 2009
Pada hari Sabtu Tanggal 26 Desember 2009, LKM Arta Murti melakukan Lokakarya Review PJM dan Kelembagaan tahun 2009. Pada acara tersebut dihadiri kurang lebih 56 orang terdiri dari unsur Dukuh, Pokgiat LPMD, perwakilan lembaga desa dan tim review. Dalam loka karya ini banyak sekali saran/masukan-masukan yang diberikan oleh warga kepada LKM dalam penyusunan Program Pronangkis dan Program kerja LKM. Setelah melalui tahapan diskusi maka akhirnya disepakati Draf Program tahunan pronangkis tahun 2009 dan 2010 dan program kerja LKM tahun 2010. Selanjutnya draf tersebut nantinya yang akan disahkan pada rembug warga tahunan.

AMT LKM ARTA MURTI
Pada akhir tahun program kerja LKM Arta Murti melakukan AMT bagi pengelola dan relawan LKM guna memotivasi semangat kerja untuk menghadapi program kerja tahun 2010. Acara AMT ini dilaksanakan pada hari Minggu Tanggal 6 Desember 2009 di Kalikining Kaliurang, Sleman. AMT ini bisa terlaksana kerjasama dengan Lembaga Pelatihan. Dengan kegiatan ini ternyata banyak bermanfaat karena selain dapat refresing juga dapat memotivasi kerja supaya dalam melaksanakan pekerjaan di tahun 2010 dapat berhasil lebih meningkat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: